☁ ѕкуℓιηє ☁ welcome and enjoy this blog! ☁ ѕкуℓιηє ☁ please leave message or comment ! ☁ ѕкуℓιηє ☁ DO NOT COPAS ツ ツ ☁ ѕкуℓιηє ☁

Selasa, 14 Agustus 2012

Pondok Pesantren Cintawana Tasikmalaya

Yaa..sobat Sky, kali ini kita bakal membahas salah satu pesantren yang ada di kota Tasikmalaya, yakni Pondok Pesantren Cintawana.

Pondok ini didirikan pada zaman belanda oleh kakek buyut saya KH. Muhammad Toha(alm), tepatnya pada 1917.  Beliau sndiri menurut sebuah riwayat, adalah keturunan ke-9 dari Sunan Syekh Abdul Muhyi Pamijahan. Sebelumnya beliau sudah mendirikan pondok di daerah Cipansor. namun karena gusuran tentara belanda akhirnya beliau memindahkan pondoknya ke daerah Cikunten, dekat sungai ciwulan, sampai saat ini.
Muncul pertanyaan : mengapa pondok ini bernama "Cintawana" ?ceritanya daerah Cikunten itu dulunya mrupakan hutan belantara, tempat prajurit Indo sembunyi dari tentara belanda. Wana itu sndiri berarti "hutan", jadi arti dari Cintawana adalah "cinta hutan".(kata paman saya)
Nah, karena pondok cinta(kita sebut aja gitu) ini sudah sangat tua, pasti udah banyak generasi2 yg memimpinnya. Bisa dihitung udah ada pergantian 5 generasi, setelah kepemimpinan buyut Toha. Diantaranya kakek saya KH. Ali(alm),kakek saya KH. Ishaq Farid(alm),pakde saya KH. Onang(alm),ayah saya KH. Adang Shofyan Toha(alm), dan sampai sekarang dipimpin oleh paman saya KH. Asep Sujai Farid.
Anyway, pondok cinta ini mengalami masa keemasan pada saat kepemimpinan kakek saya, KH. Ishaq Farid. Santrinya mencapai lebih dari 2ribu. Namun setelah beliau meninggal jumlah santri pondok ini scara perlahan2 menurun, sampai sekarang hanya terdapat sekitar 300-an santri.
Sobat Sky, kini saya termotivasi untuk mewujudkan kembali masa keemasan itu. Mudah2an saya n saudara2 generasi depan bisa melakukan yg terbaik untuk Pesantren Cintawana ini. amin..  ◕_◕